Jumat, 29 April 2011

SEMANGAT KEMERDEKAAN

I. PENDAHULUAN
                Keberadaan Bangsa Indonesia sebagai salah satubangsa dari masyarakat internasional, memiliki sejarah serta prinsip dalamhidupnya yang berbeda dengan bangsa lain di dunia. diperlukan untuk memupuk cinta terhadap bangsa dan negara. Pengetahuan ini perlu ditanamkan sejak dini agar suatu bangsa mengetahui makna yang terkandung memiliki sebuah bangsa dan negara. Hal tersebut akan memunculkan rasa berkewajiban untuk membela negara dan nasionalisme pada warga atau penduduk suatu bangsa.
Selain dapat memunculkan rasa bela negara, pengetahuan tentang bangsa dan negara dapat mengetahui asal-usul dan pemahaman tentang bangsa dan negara. Nasionalisme dan kecintaan kepada negara sangat diperlukan agar mempertahankan suatu bangsa dan negara.
                 Akan tetapi, banyak sekali penduduk di dunia ini yang belum paham tentang hakikat yang mendasar tentang bangsa dan negara. Hal-hal yang ada dalam sebuah negara masih awam dan dianggap kurang penting bagi sebagian orang. Padahal hal tersebut dapat menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara serta menambah wawasan tentang bangsa dan negaranya sendiri. Untuk itu, makalah ini akan membantu mengungkap seputar hakikat bangsa dan negara dan aspek-aspek yang ada disekitarnya.
II. RUMUSAN MASALAH
          Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dapat dikemukakan sebagai prinsip dasar filsafah negara
III. TUJUAN
Sesuai dengan perumusan masalah yang dikemukakan, maka makalah ini bertujuan untuk mengetahui:
1. Pengertian secara jelas tentang hakikat bangsa.
2. Pengertian dan pemahaman dari semangat kemerdekaan.

IV. PEMBAHASAN

          Bangsa Indonesia sebagai salah satubangsa dari masyarakat internasional, memiliki sejarah serta prinsip dalamhidupnya yang berbeda dengan bangsa lain di dunia. Para pendiri negara menyadari akan pentingnya prinsip-prinsip dasar, yang diangkat dari filsafat hidup dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang kemudian diabstraksikan menjadi suatu prinsip dasar filsafah negara yaitu PANCASILA.
          Pada era globalisasi seperti sekarang banyak sekali rakyat Indonesia yang telah melupakan arti dari kemerdekaan. Padahal seperti yang kita ketahui bangsa kita merebut kemerdekaan dengan mempertaruhkan nyawa beserta harta mereka pada jaman dahulu. Sekarang banyak sekali orang Indonesia yang tidak mempunyai rasa nasionalisme seperti pejuang-pejuang Indonesia pada dahulu. Sehingga sekarang ini Negara kita mulai dipermainkan oleh Negara lain. Padahal dahulu presiden kita yang pertama pernah akan menyatakan perang dengan salah satu Negara tetangga karena Negara kita telah dipermainkan. Tetapi sekarang walau Negara kita dipermainkan kebanyakan orang Indonesia tidak mau tahu akan hal tesebut.
          Semangat kemerdekaan bukan hanya ada pada perjuangan mempertahankan Negara tetapi yang paling penting ada pada pendidikan dan kemajuan Negara kita. Anak muda jaman sekarang sangatlah malas untuk belajar padahal seperti yang kita ketahui belajar dapat meningkatkan kepandaian kita dalam mengatasi permasalahan yang sedang terjadi dengan kepala dingin. Dengan belajar juga kemajuan Negara kita kelak akan terjamin.
          Eksistensi bangsa pada eraglobalisasi dewasa ini mendapat tantangan yang sangat kuat. Bangsa Indonesia terdiri atasberbagai macam unsur etnis, ras, suku, kebudayaan dan agama. Oleh karena ituidentitas nasional secara historis berkembang dan menemukan jati dirinyasetelah PROKLAMASI 17 Agustus 1945.
          Tapi akankah kita ingat dengan perjuangan para pejuang dalam memperebutkan dan mempertahan kemerdekaan Indonesia. Kita semua telah mengerti bahwa bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa-bangsa luar negeri seperti Portugis, Belanda, dan Jepang. Dahulu perjuangan bangsa Indonesia sangatlah berat karena bangsa Indonesia telah dijajah selama ± 3,5 abad pleh bangsa lain. Awalnya mereka berkedok sebagai pedangang hingga mereka membuat organisasi perdagangan di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Lama kelamaan mereka tergiur dengan banyaknya hasil alam yang dihasilkan oleh Indonesia sehingga mereka mulai semena-mena pada bangsa kita. Tetapi akibat kepintaran dari bangsa Indonesia yang dapat melihat celah kita sebagai Bangsa Indonesia telah mengumumkan kemerdekaan pada seluruh dunia. 
          Dengan semangat prokalamsi, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa !! jangan mudah terpropukasi hal-hal yangbisa memecah belah persatuan bangsa. Karena para pendiri negara dan parapejuang kemerdekaan telah mengorbankan jiwa raganya demi bersatunya pulau-pulauyang menjadi NKRI. Dan jangan hanya mengkritik pemeritah, namun kita juga harus memberi solusi. Siapapun pemimpin bangsa ini, bila tidak didukung oleh segenapelemen masyarakatnya maka negara ini tidak akan pernah bisa berubah menuju Negara Indonesia yang besar serta maju dengan rakyatnya yang makmur, aman,sejahtera dan tentram. 

V. KESIMPULAN
           Dari materi diatas dapat disimpulkan bahwa bangsa merupakan asas kerohanian yang timbul karena adanya perasaan senasib sepenanggungan dan berkeinginan untuk hidup bersama. Sedangkan negara merupakan suatu organisasi tertinggi yang melaksanakan pemerintahan yang memiliki kekuasaan dan kekuatan hukum untuk mengikat rakyatnya. Dengan semangat prokalamsi, mari kitajaga persatuan dan kesatuan bangsa !! jangan mudah terpropukasi hal-hal yangbisa memecah belah persatuan bangsa. 
           Untuk itu sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia janganlah lupa akan semangat kemerdekaan karena dengan semangat inilah kita dapat bersatu dan berusaha untuk mengemban amanat para pahlawan kita untuk mempertahankan kemerdekaan dalam seluruh bidang dan khususnya untuk bidang pendidikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar